8 Langkah Menjadi Orang Tua Cerdas bagi Generasi Milenial

Penulis : Nur Indah Yuliani | Editor : Nur Indah Yuliani

Kata milenial saat ini sering digunakan di kalangan masyarakat. Mendengar kata milenial pikiran kita langsung tertuju pada generasi muda yang tidak jauh dari gawai. Bahkan kata milenial ditetapkan sebagai kata paling populer sepanjang tahun 2019 oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hal ini berdasarkan perhitungan statistik dari KBBI dan juga pencarian terbanyak di Google.

Anak muda zaman sekarang atau zaman now sering disebut dengan generasi milenial. Namun apa sebenarnya makna kata milenial?

mi.le.ni.al / milénial/

  1. Berkaitan dengan millennium
  2. Berkaitan dengan generasi yang lahir di antara tahun 1980-an dan 2000-an : kehidupan generasi – tidak dapat dilepaskan dari teknologi informasi, terutama internet (KBBI Daring Kemdikbud)

Dari pengertian tersebut, dapat kita simpulkan bahwa generasi Milenial adalah generasi yang lahir di antara tahun 1980-an hingga 2000-an. Di tahun tersebut perkembangan teknologi informasi sangat pesat sehingga mudah sekali untuk bisa mengakses segala sesuatu dengan mudah. Jejaring sosial menjadi salah satu media yang banyak digunakan saat ini terutama bagi kalangan muda. Dampak positif dari jejaring sosial selain komunikasi yang mudah dan cepat, pengguna juga bisa mengenal orang-orang terdapat di jejaring sosial di seluruh dunia. Selain itu, tidak sedikit pula dampak negatif yang menjadi akibat penggunaan jejaring sosial diantaranya banyak kasus kejahatan seperti penipuan, penyebaran berita bohong (hoax), perundungan (bullying) melalui jejaring sosial, dan lainnya. Untuk itu, peran  orang tua sangat diperlukan untuk mengarahkan dan mengawasi anak untuk berhati-hati dalam menggunakan gawai dan jejaring sosial. Berikut  8 hal yang perlu dilakukan untuk menjadi orang tua cerdas bagi generasi Milenial yang dirangkum dari Sahabat Keluarga Kemdikbud.

  • Menambah Pengetahuan

Orang tua perlu menambah pengetahuan terkait dengan internet dan jejaring sosial (seperti : youtube, facebook, twitter, Instagram, blog) dan cara menggunakannya. Orang tua akan sulit menetapkan aturan apabila tidak memahami apa itu internet dan jejaring sosial. Dengan demikian, orang tua perlu menambah pengetahuan agar menetapkan aturan kepada anaknya.

  • Mengarahkan Penggunaan Gadget dengan Tepat

Orang tua perlu memahami manfaat dan resiko penggunaan gadget sehingga dapat mengarahkan penggunaannya dengan baik sesuai dengan usia anak.

  • Mengimbangi Penggunaan Gadget dengan Interaksi di Dunia Nyata

orang tua dapat mengarahkan anak untuk mengimbangi penggunaan gadget dengan interaksi di dunia nyata seperti olahraga bersama, membaca interaktif, musik, tarian, permainan tradisional, dan lain sebagainya. Kegiatan ini agar anak tidak hanya terus-terusan bermain gadget namun juga bersosialisasi dengan lingkungan sekitar.

  • Meminjamkan Gadget Sesuai Keperluan

Meminjamkan gadget  sesuai dengan keperluan ini penting dilakukan oleh orang tua kepada anak agar anak dapat mengendalikan diri dalam menggunakan gadget. Hal ini dapat dilakukan dengan cara memberikan gadget ketika dia perlu mencari informasi yang berkaitan dengan tugas di sekolah.

  • Memilih Program/Aplikasi Positif

Saat ini banyak sekali program/aplikasi positif yang dapat menambah pengetahuan anak. Orang tua dapat melakukan survey terlebih dahulu terkait dengan program/aplikasi yang sekiranya bermanfaat bagi anak.

  • Mendampingi dan Meningkatkan Interaksi

Orang tua mendampingi anak dalam menggunakan gadget dengan bijak, selain berfungsi untuk mengontrol kegiatan juga menjadi kesempatan orang tua untuk saling berinteraksi dengan anak.

  • Gunakan Gadget secata Bijaksana

Penggunaan gadget oleh anak bisa diatur dengan meletakkan gadget di ruang keluarga sehingga kegiatan anak dapat dikontrol oleh orang tua. Selain itu orang tua bisa memberikan aturan kepada anak untuk tidak menggunakan gadget sebelum tidur.

  • Menelusuri Kegiatan Anak di Dunia Maya

Orang tua dapat memantau kegiatan anak di dunia maya dengan cara melihat di menu history pencarian sehingga dapat diketahui apa saja yang diakses oleh anak. Selain itu orang tua juga bisa berteman di jejaring sosial dengan anak agar orang tua tahu kegiatan apa yang dilakukan oleh anak.

Demikian 8 cara menjadi orang tua cerdas bagi generasi milenial. Cara tersebut dapat dilakukan oleh orang tua agar penggunaan gadget oleh anak dapat dikontrol sehingga meminimalisir dampak negatif yang ditimbulkan.