LPMP Jabar Mantap Melangkah ke ZI-WBK

ZI WBK 3

Kab. Bandung Barat, LPMP Jawa Barat – Dalam rangka pelaksanaan rencana kerja pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi (ZI-WBK), Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Jawa Barat mengadakan sosialisasi ZI-WBK yang diselenggarakan pada tanggal 22 Januari 2020 mulai pukul 08.00 sampai dengan selesai.

Sebanyak 172 pegawai LPMP Jawa Barat yang terdiri dari Pejabat Struktural, Fungsional tertentu, Fungsional Umum, PPNPN dan tenaga outsources mengikuti kegiatan ini dengan antusias.

Sebanyak 172 pegawai LPMP Jawa Barat mengikuti sosialisasi dan penguatan ZI WBK
Sebanyak 172 pegawai LPMP Jawa Barat mengikuti sosialisasi dan penguatan ZI WBK

Reformasi Birokrasi merupakan perubahan besar dalam paradigma dan tata kelola pemerintahan Indonesia untuk mencapai goo dan clean governance menyangkut aspek manajemen pemerintahan yang meliputi 8 area perubahan. “Tahun 2018 dan tahun 2019 sudah pernah mencoba dan ini tahun 2020 adalah percobaan ketiga, semoga berhasil” utas kepala LPMP Jawa Barat Gusmayadi Muharmansyah.

Narasumber yaitu Ali Murwarni dari Tim RBI Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan menjadi narasumber pada kegiatan ini. Ada beberapa hal yang beliau jelaskan terkait dengan ZI WBK, diantaranya tentang keypoint pembanguan ZI WBK, Uraian kegiatan pembangunan Zona Integritas menuju WBK dan lain-lain.

Sebanyak 172 pegawai LPMP Jawa Barat mengikuti sosialisasi dan penguatan ZI WBK
Penandatanganan Pakta Integritas oleh Kepala LPMP Jawa Barat Diikuti oleh Seluruh Pegawai

“Kegiatan selesai paling tidak 2 hari kemudian laporan selesai” ungkap Ali Murwani yang juga merupakan salah satu penekanan untuk menciptakan budaya mutu di lingkungan unit kerja. “Yang menggagalkan budaya mutu adalah mind-set yang belum dimanfaatkan atau dikelola dengan baik, tunjukan perbedaan apa aja yang ada sebelum dan sesudah ZI WBK” tegas beliau.

Kasi FPMP Neni Niawati ikut memberikan tambahan “Bagaimana RBI ini bisa tumbuh di lingkungan Kemendikbud ini, kita tidak bisa mewujudkannya sendiri tapi kita bisa bersama karena kita sauyunan” Akhir kegiatan dilakukan pula penandatanganan Pakta Integritas yang ditandatangani oleh Kepala LPMP Jawa Barat dan Seluruh Kasi, sebagai wujud keseriusan untuk menjadikan LPMP Jawa Barat sebagai ZI WBK. (Dok-LPMP Jawa Barat)

Asri Nur Azizah – LPMP Jawa Barat

Nurbani – LPMP Jawa Barat