Online journalism is news that is reported on the Internet

SMAN 20 Bandung Galakkan 6 Program Unggulan

SMAN 20 Bandung Galakkan 6 Program Unggulan Kepala Sekolah SMA Negeri 20 Bandung - Dok. Disdik Jabar

Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 20 Kota Bandung tengah menggalakkan 6 program unggulan untuk merealisasikan visi dan misi sekolah agar bisa bersaing di kancah global. Program tersebut adalalah Prestasi Unggul, Sekolah Adiwiyata, Sekolah Hemat Energi, Program Literasi, School Based Research, dan Program Sekolah Ramah Anak.

Kepala SMAN 20 Kota Bandung, Heniyati mengatakan, 6 program unggulan tersebut membantu mewujudkan sekolah yang religius, berkarakter, kompetitif, berliterasi tinggi, dan berbudaya lingkungan. Terlebih, dalam mengembangkan kemampuan siswa di bidang akademis maupun non-akademis.

“Seperti pada program prestasi unggul yang menjadi salah satu sarana pembelajaran, sekolah mendatangkan konsultan pendidikan. Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap Jumat pagi yang diikuti semua tingkatan mulai dari kelas X hingga XII,” ujarnya, saat ditemui dalam kegiatan Education Expo 2020 “Memperluas Wawasan, Menggapai Masa Depan” di SMAN 20 Kota Bandung, Jln. Citarum No. 23, Kota Bandung, Kamis (9/1/2020).

Menurut Heniyati, pihak sekolah menghadirkan program tersebut karena ingin mendukung dan memotivasi siswa untuk kompetitif. Bahkan, sekolah membuka pengayaan sejak awal semester untuk melatih siswa agar terbiasa dengan berbagai soal dalam Ujian Nasional (UN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Kami menjalin kerja sama dengan lembaga bimbingan belajar (bimbel) dan mendatangkan langsung guru dari bimbel. Hal ini untuk mengurangi rasa bosan siswa itu sendiri,” ucapnya.

Pengayaan ini, lanjutnya, diberikan secara cuma-cuma atau tidak dipungut biaya. Sehingga, siswa bisa mendapatkan ilmu baru dari guru-guru yang didatangkan dari lembaga bimbingan belajar.

Hal serupa disampaikan Humas SMAN 20 Kota Bandung, Euis Sopiah. Menurut Euis, melalui pengayaan, siswa SMAN 20 Kota Bandung bisa lolos masuk perguruan tinggi negeri. “Kami berhasil mengantarkan 204 siswa lolos PTN pada 2019. Antara lain, Institut Teknologi Bandung, Universitas Padjadjaran, Universitas Pendidikan Indonesia, dan universitas lain di Indonesia,” tuturnya.

Sedangkan pada program adiwiyata, ungkap Euis, SMAN 20 Kota Bandung berhasil meraih Adiwiyata Mandiri. Bahkan, program hemat energi berhasil mewakili Kota Bandung ke tingkat nasional. (Dok. LPMP Jawa Barat)

Tulisan ini diambil dari http://disdik.jabarprov.go.id/news/1852/sman-20-bandung-galakkan-6-program-unggulan (Riska Y. Imilda)