Menyongsong ZI WBK 2020, LPMP Jabar Siap Perbaiki Layanan Publik

Menyongsong ZI WBK 2020, LPMP Jabar Siap Perbaiki Layanan Publik Rapat Awal Web Recovery-LPMP Jawa Barat

Menyongsong ZI WBK 2020, LPMP Jabar Siap Perbaiki Layanan Publik

LPMP Jabar, Kab. Bandung Barat – Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Jawa Barat siap memperbaiki layanan publik untuk menyambut ZI WBK (Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi). Layanan publik yang sedang digarap saat ini adalah pembenahan website. Website LPMP Jabar yang beralamatkan lpmpjabar.go.id digadang gadang akan menjadi garda terdepan untuk penyebaran informasi terkait dengan program yang dilaksanakan di LPMP Jabar selain dari media sosial Facebook dan Instagram.

Penyusunan kembali website LPMP Jabar didukung langsung oleh Kepala LPMP Jabar Gusmayadi Muharmansyah dengan menerbitkan SK No. 0009/D.7.12/KP/2020 tentang Tim Pemulihan Data dan Website Lembaga. Kegiatan dipimpin oleh Kepala Seksi Sistem Informasi Yanti Triana dengan mengarahkan tim untuk memperbaiki berbagai data yang sebelumnya mengalami masalah dengan server.

Kegiatan penyusunan website diikuti oleh 18 orang dengan dibagi menjadi 3 team work yaitu Tim Pemulihan Website, Tim migrasi Data ke SP3K, dan Tim Input Data Layanan Lembaga. Sasaran utama dari pembenahan layanan website ini adalah steakholder diantaranya dinas pendidikan kabupaten/kota dan sekolah sekolah yang ada di area Jawa Barat yang jumlahnya lebih dari 29 ribu satuan pendidikan.

Setiap tim melibatkan perwakilan dari tiap seksi yang dipilih oleh kepala seksi terkait. Kegiatan ini berkaitan langsung dengan komitmen pimpinan terhadap budaya integritas, budaya kinerja, dan budaya melayani. Mengingat nilai nilai pokok dalam pembangunan zona integritas sehingga menciptakan layanan yang berkualitas dan memberikan manfaat untuk seluruh masyarakat. “Lanjutkan… berikan yang terbaik” ujar Kepala LPMP Jabar ketika mengawasi kinerja tim penyusun website.

Menyongsong ZI WBK 2020, LPMP Jabar Siap Perbaiki Layanan Publik
Fasilitator menjelaskan tentang langkah langkah untuk penyusunan website kembali – LPMP Jawa Barat

Terdapat beberapa aspek yang yang menjadi penilaian dalam Zona Inegritas menuju WBK yaitu manajemen perubahan, manajemen SDM, pelayanan publik, tata laksana, akuntabilitas, serta pengawasan. Harapannya melalui penyusunan website ini mampu menjadi penyambung lidah antara pemerintah dengan masyarakat.

Ekspektasi masyarakat terhadap perbaikan layanan pemerintah setiap tahunnya selalu meningkat. Harapan masyarakat sangat tinggi untuk mendapatkan kemudahan dalam mendapatkan berbagai informasi yang berkaitan dengan pemerintah utamanya pada bidang pendidikan. Sebagai lembaga pemerintah tentunya LPMP Jabar ingin memenuhi harapan masyarakat tersebut. Pada tahun 2019 sebanyak 2.200 unit kerja layanan diusulkan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) untuk menjadi WBK, jumlah ini meningkat dua kali lipat dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Hal ini menunjukan bahwa setiap unit kerja pemerintah memiliki kesungguhan untuk memperbaiki kinerjanya. (Dok. LPMP Jawa Barat)

Asri Nur Azizah – LPMP Jawa Barat

leave a reply