Akuntabel mulai diri sendiri, kenapa enggak?

Akuntabel mulai diri sendiri, kenapa enggak Pegawai LPMP Jawa Barat mengikuti dengan seksama penjelasan untuk pengisian e-SKP tahun 2020 - LPMP Jawa Barat

LPMP Jawa Barat siap menjadi lembaga yang akuntabel, dimulai dari diri setiap pegawai akuntabilitas selalu dinomor satukan.

Awal tahun merupakan waktu yang tepat untuk menyusun rencana kegiatan untuk setahun kedepan, begitu pula yang telah dilakukan oleh setiap pegawai yang ada di lingkungan LPMP Jawa Barat, salah satunya yang berada di seksi Fasilitasi Peningkatan Mutu Pendidikan (FPMP). Semua pegawai mengikuti dengan seksama untuk penyusunan rencana kerja tahun 2020.

Akuntabilitas setiap pegawai ditunjukan dengan pengisian e-SKP atau Sasaran Kerja Pegawai yang telah disediakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan alamat http://skp.sdm.kemdikbud.go.id/  atau bisa juga dengan membuka Beranda web LPMP Jawa Barat pada bagian atas terdapat link yang langsung menuju ke aplikasi e-SKP. Pengisian rencana di e-SKP ini harus diisi paling lambat tanggal 19 Januari 2020, sebelum aplikasi dikunci oleh pusat sehingga tidak dapat diisi lagi.

Penyusunan rencana ini berkaitan dengan beban kerja yang ada di setiap seksi, khususnya di seksi FPMP terdapat 19 orang pegawai yang terdiri dari 5 jenis jabatan. Mulai dari seorang kepala seksi, seorang administrasi umum, seorang analisis kemitraan, lima orang penyusun program, dan sebelas orang pengelola data. Setiap jabatan memiliki beban kerja masing masing dan juga tanggung jawab yang berbeda. Setiap jabatan saling mendukung satu sama lain sehingga tercipta lingkungan kerja yang kuat.

Pengisian rencana kerja pegawai ini dipimpin langsung oleh Kasi FPMP Neni Niawati yang juga dipandu oleh bagian kepegawaian untuk menjelaskan secara rinci bagian bagian rincian tugas yang belum dipahami pegawai. Mengingat untuk pengisian rencana SKP dilakukan sekali di awal tahun maka diperlukan penyegaran kembali untuk tata cara pengisiannya.

Tidak hanya di seksi FPMP tetapi juga di setiap seksi dan sub bagian di LPMP Jawa Barat saat ini sedang fokus untuk pengisian e-SKP. Ini merupakan salah satu bentuk akuntabilitas lembaga yang dimulai dari setiap pegawai yang ada didalamnya.

Mempertanggungjawabkan tanggung jawab adalah pengertian singkat dari akuntabilitas. Saat ini juga pengisian log harian untuk setiap pegawai juga menjadi prioritas, hal ini merupakan salah satu tindakan nyata dari lembaga untuk menyambut ZI WBK.

Asri Nur Azizah – LPMP Jawa Barat