Sebaran Sekolah per Jenjang di Jawa Barat

Sebaran sekolah di sekitar kita dengan jarak tertentu dan mengetahui bagaimana cara akses ke lokasi sekolah. Peta Sebaran Sekolah Melihat sebaran sekolah didalam peta, berdasarkan jenjang, status dan wilayah sekolah.

Sebaran sekolah yang tak merata menjadi kendala penerapan sistem zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB 2017) di Jawa Barat. Untuk itu, perlu dirumuskan pemberlakuan sistem ring wilayah agar para calon siswa dapat mengikuti ujian tersebut.


Selengkapnya

PROFIL SEKOLAH

Provinsi Jawa Barat yang terdiri dari 27 Kab./Kota memiliki 29.815 sekolah yang berada di lingkungan Kementerian Pendidikan mulai tingkat SD, SMP, SMA, SMK, sampai SLB

Berdasarkan jenjang sebaran sekolah di Jawa Barat dapat dilihat mulai dari jenjang Sekolah Dasar (SD) yang memiliki proporsi terbesar yaitu sebanyak 66% dari sekolah yang ada di Jawa Barat atau sebanyak 19.638 sekolah, Jenjang SMP sebesar 18% atau 5.265 sekolah, Jenjang SMA sebanyak 5% atau 1.619 sekolah, Jenjang SMK sebanyak 10% atau 2.913 sekolah, dan SLB memiliki proporsi paling sedikit yaitu 1% atau 380 sekolah.

Read more

Pemetaan Mutu Pendidikan

Dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan diamanatkan bahwa setiap satuan pendidikan jalur formal dan nonformal wajib melakukan penjaminan mutu pendidikan. Penjaminan Mutu Pendidikan tersebut bertujuan untuk memenuhi atau melampaui Standar Nasional Pendidikan.

Peningkatan mutu di satuan pendidikan tidak dapat berjalan dengan baik tanpa adanya budaya mutu pada seluruh komponen sekolah. Untuk itu dibutuhkan program implementasi Penjaminan Mutu Pendidikan di Seluruh sekolah dengan pelibatan seluruh komponen sekolah melalui Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI), dimana SPMI tidak terlepas dari pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) yang dilaksanakan stakeholder di luar satuan pendidikan

Pengumpulan data Peta Mutu ini diperlukan agar setiap satuan pendidikan dapat mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan masing-masing sekolah berkaitan dengan pencapaian Standar Nasional Pendidikan (SNP), sehingga dapat dilakukan perbaikan-perbaikan untuk mencapai SNP. Berikut gambaran Peta Mutu di Provinsi Jawa Barat dari hasil pengumpulan data Pemetaan Mutu Pendidikan.


Read more