Program Pemanfaatan Sumber Belajar (P2SB)

APLIKASI METAKOGNISI PADA PEMBELAJARAN SAINS
7 May 2018
Indikator Ketercapaian Kinerja Tambahan untuk Membantu Guru Menyusun Soal HOTS
17 May 2018

A. Deskripsi Program


Program inovasi LPMP Jawa Barat yang memanfaatkan fasilitas sumber belajar, yang telah tersedia di lingkungan LPMP Jawa Barat, sehingga pemanfaatannya tidak hanya terbatas pada penggunaan untuk Diklat. Tetapi membuka peluang untuk memberdayakan sumber belajar lebih luas lagi, misalnya : perpustakaan, laboratorium virtual, dan mikro teaching. Selain itu penggunaan alat-alat pembelajaran seperti Smart Board dan Jaringan Internet juga dapat dimaksimalkan dalam memfasilitasi proses belajar mengajar.

Praesent dapibus, neque id cursus faucibus, tortor neque egestas augue, eu vulputate magna eros eu erat. Vitae adipiscing turpis. Aenean ligula nibh, molestie id viverra a, dapibus at dolor. In iaculis viverra neque, ac eleifend ante lobortis id. In viverra ipsum …

B. Tujuan


Memfasilitasi pengalaman belajar siswa dan guru melalui field trip ke LPMP Jawa Barat, dengan melakukan eksplorasi ke pusat sumber belajar yang ada.


C. Hasil yang Diharapkan


1. Penambahan wawasan belajar mengajar di luar kelas untuk guru dan siswa dari sekolah sasaran program.
2. Terfasilitasinya proses belajar dan mengajar yang berkualitas dengan pemanfaatan VL LPMP Jawa Barat.
3. Terlaksananya proses pembelajaran yang efektif dan menyenangkan dengan menggunakan berbagai sumber, media dan fasilitas belajar.


D. Sasaran


1. Satuan Pendidikan
2. Guru
3. Siswa
4. Pustakawan


D. Strategi Pencapaian


I. Tahap Perencanaan
– Pengajuan program dari stakeholder (sekolah) berdasarkan publikasi dari LPMP Jawa Barat terkait dengan Program Pemanfaatan Sumber Belajar.
– Analisis Kebutuhan, untuk mengkoordinasikan materi yang dibutuhkan dalam kunjungan dengan sumber belajar yang disediakan oleh LPMP Jawa Barat.

II. Tahap Perencanaan
– Pelaksanaan Program Pemanfaatan Sumber Belajar LPMP Jawa Barat (field trip). Pelaksanaan ini berupa kunjungan dari siswa ke LPMP Jawa Barat sesuai jadwal yang telah ditentukan (dikonfirmasi) untuk mendapatkan layanan pembelajaran dalam Laboratorium virtual. Dengan layanan khusus yang di kelola LPMP Jawa Barat (WI/PTP).

III. Tahap Evaluasi dan Pelaporan
– Evaluasi hasil program Pemanfaatan Sumber Belajar LPMP Jawa Barat.
Evaluasi dilakukan dalam dua aspek, yaitu aspek akademis dan aspek penyelenggaraan. Aspek akademis meninjau sejauh mana efektifitas pembelajaran di dalam laboratorium virtual dapat dicapai. Apakah terdapat peningkatan hasil belajar siswa secara signifikan? Bagaimanatingkat motivasi dan kemudahan penyerapan informasi oleh siswa. Sedangkan evaluasi penyelenggaraan terkait dengan kualitas layanan non akademis, baik itu kepuasan terhadap konten/sajian layanan laboratorium virtual, kemudahan mekanisme dalam penyelenggaraan, dsb.


D. Pembiayaan


Sertifikat, konsumsi dan Fasilitator