ZONA INTEGRITAS (ZI)

 

Zona Integritas (ZI) adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK/WBBM melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Program-program WBK LPMP Jawa Barat


Pencanangan Pembangunan Zona Integritas

Deksripsi Program

Pencanangan Pembangunan Zona Integritas adalah dengan deklarasi/pernyataan dari pimpinan suatu instansi pemerintah bahwa instansinya telah siap membangun Zona Integritas.

Read more..

Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM

Deksripsi Program

Program pembangunan Zona Integritas merupakan tindak lanjut pencanangan yang telah dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Proses pembangunan Zona Integritas difokuskan pada penerapan program Manajemen Perubahan, Penataan Tatalaksana, Penataan Manajemen SDM, Penguatan Pengawasan, Penguatan Akuntabilitas Kinerja, dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik yang bersifat konkrit.

Read more..

Pelaksanaan Reformasi Birokrasi

Pembangunan zona integritas menuju WBK/WBBM memerlukan keterlibatan semua unsur pegawai untuk saling mendukung dan berperan serta sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya masing-masing. Agar pelaksanaan reformasi birokrasi sesuai dengan kebijakan dan konsep yang diinginkan maka perlu disusun rencana kerja pembangunan zona integritas yang memuat target-target yang relevan. Dengan penyusunan rencana kerja ini diharapkan mampu menjadi pedoman bagi pelaksanan program pembangunan yang terarah dan terukur.

Menuju WBK/WBBM LPMP Jawa Barat


Menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (Menuju WBBM) adalah predikat yang diberikan kepada suatu unit kerja yang memenuhi sebagian besar manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan, dan penguatan akuntabilitas kinerja, dan penguatan kualitas pelayanan publik.

Konsultasi WBK/WBBM

Konsultasi Anti Korupsi ditujukan bagi siapa saja terutama karyawan LPMP Jawa Barat yang memiliki ketertarikan dalam mendalami bidang pemberantasan tindak korupsi. Di dalam programnya konsultasi ini mengedepankan proses pendampingan dan pembinaan serta peningkatan wawasan dan pengetahuan tentang aktivitas anti korupsi guna memberikan kemampuan bagi karyawan LPMP untuk melakukan kasi simpatik anti korupsi dan menjadikan anti korupsi sebagai budaya di lingkungan kerja. Diperlukan juga cara berpikir yang kritis serta mempertajam kemampuan analisis dalam melakukan pengenalan atas gejala-gejala sosial serta fakta di lapangan yang terjadi dalam konteks pemberantasan tindak korupsi.

Karyawan LPMP Jawa Barat akan diberikan peningkatan pemahaman untuk mengamati dan mencermati penindakan terhadap tindak korupsi yang terjadi di lapangan serta efektivitas norma-norma hukum yang berlaku guna memberantas tindak korupsi. Pengamatan terutama dilakukan terhadap sesama karyawan dalam proses saling menjaga dan mengingatkan. Dengan peran serta karyawan melalui konsultasi ini, maka diharapkan semangat memberantas korupsi di LPMP Jawa barat akan terus terjaga dan di sisi lain dapat membantu mengedukasi masyarakat untuk lebih tanggap atas hal-hal atau kebiasaan-kebiasaan yang dapat menjerumuskan pada tindak korupsi.