Sejarah LPMP Jawa Barat

Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) pusat di bawah lingkungan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (BPSDM&PMPTK) Kementrian Pendidikan Nasional. LPMP Jawa Barat secara teknis menyelenggarakan berbagai program dan kegiatan dibawah koordinasi BPSDM&PMPTK melalui kemitraan dengan dinas pendidikan kabupaten/kota, dinas pendidikan provinsi Jawa Barat, dan Perguruan Tinggi.

LPMP Jawa Barat pada awalnya merupakan Balai Penataran Guru (BPG). Seiring dengan meingkatnya tuntutan masyarakat dan adanya upaya perbaikan dibidang pendidikan secara nasional, mendorong pemerintah untuk menerbitkan peraturan dan kebijakan Kementerian Pendidikan Nasional untuk merefungsionalisasi dan merestrukturisasi BPG menjadi LPMP yang tertuang pada SK Mendiknas No. 087/O/2003 tanggal 4 Juli 2003 yang disempurnakan dengan SK Mendiknas No. 044/O/2004, tanggal 14 Mei 2004 tentang Struktur Organisasi dan Tata Kerja LPMP Jawa Barat LPMP dan terakhir Keputusan Menteri No. 7 Tahun 2007. Melalui restrukturisasi kelembagaan yang terjadi semenjak tahun 2003, core bisnis LPMP Jawa Barat tidak hanya pendidikan dan pelatihan tapi juga pemetaan, supervisi, dan pembinaan pendidikan di Jawa Barat melalui fasilitasi pengembangan sumber daya pendidikan.

Seksi SI

Seksi PMS

Seksi FPMP

Sub Bagian Umum

Seksi Sistem Informasi (SI) adalah salah satu unit kerja dilingkungan LPMP yang mempunyai tugas melakukan pengembangan dan pengelolaan sistem informasi mutu pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Sesuai SK Kepala LPMP Jawa Barat No 1148/D7.12/KP/2018 tentang Rotasi Pegawai Di Lingkungan LPMP Jawa Barat Tahun 2018, bahwa kepala seksi Sistem Informasi dibantu oleh 14 orang staf yang terbagi kedalam 5 jabatan yaitu : Pengelola Sistem dan Jaringan, Penyusun Informasi dan Publikasi, Pengolah Data Sistem Informasi, Pengelola Laman serta Pengadministrasi Umum.

Seksi Pemetaan Mutu dan Supervisi (PMS) merupakan salah satu unit kerja dilingkungan LPMP yang mempunyai tugas melakukan pemetaan mutu dan supervisi satuan pendidikan dasar dan pendidikan menengah dalam pencapaian Standar Nasional Pendidikan. Dalam melaksanakan tugasnya Kepala Seksi Pemetaan Mutu dan Supervisi LPMP Jawa Barat di bantu oleh 18 orang staf yang terbagi kedalam 3 Jabatan yaitu Analis Data Mutu Pendidikan, Pengolah Data Mutu Supervisi dan Pengadministrasi Umum, sesuai dengan SK Kepala LPMP Jawa Barat No 1148/D7.12/KP/2018 tentang Rotasi Pegawai Di Lingkungan LPMP Jawa Barat Tahun 2018.

Seksi Fasilitasi Peningkatan Mutu Pendidikan (FPMP) merupakan salah satu unit kerja dilingkungan LPMP yang mempunyai tugas melakukan fasilitasi dan kerja sama peningkatan mutu pendidikan dasar dan pendidikan menengah dalam pencapaian standar nasional pendidikan. Kepala Seksi Fasilitasi Peningkatan Mutu Pendidikan dibantu oleh 39 orang Fungsional Tertentu (Widyaiswara/Pengembang Teknologi Pembelajaran) dan 18 orang Fungsional Umum. Untuk Fungsional Umum terbagi menjadi 3 Jabatan, yaitu Penyusun Program Fasilitasi Peningkatan Mutu Pendidikan, Pengolah Data Program Fasilitasi Peningkatan Mutu Pendidikan dan Pengadministrasi Umum.

Subbagian Umum merupakan salah satu unit kerja dilingkungan LPMP yang mempunyai tugas melakukan urusan perencanaan, keuangan, kepegawaian, ketatalaksanaan, ketatausahaan, kehumasan, dan kerumahtanggaan LPMP. Sesuai dengan SK Kepala LPMP Jawa Barat No 1148/D7.12/KP/2018 tentang Rotasi Pegawai Di Lingkungan LPMP Jawa Barat Tahun 2018, Kepala Subbag Umum dalam melaksanakan tugasnya di bantu oleh 53 orang staf yang terbagi kedalam 22 Jabatan diantaranya yaitu analis Pelaksanaan Program dan Anggaran, Penata Dokumen Keuangan, Teknisi Sarana dan Prasarana, Arsiparis Pelaksana, Penyusunan Laporan Keuangan dan lain-lain.

Penjamin Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah Terdepan di Indonesia yang Berwawasan Global.