Kunjungan Monitoring Unit Layanan Terpadu
7 August 2018
PARADIGMA BARU TUGAS KEPALA SEKOLAH
10 August 2018

PENDAMPINGAN SEKOLAH SASARAN K13 TAHUN 2018

Program pendampingan kurikulum 2013 bagi guru-guru di sekolah sasaran wilayah provinsi Jawa Barat tahun 2018 telah berjalan pelaksanaannya yang dimulai dengan kegiatan In Service Learning di setiap sekolah induk klaster pengelola dana bantuan pemerintah program pendampingan kurikulum 2013 tahun 2018 dari LPMP Jawa barat. Rangkaian kegiatan In Service Learning dimulai sejak tanggal 2 s.d. 24 Juli 2018 untuk jenjang Sekolah Dasar, 25 Juli s.d 4 Agustus 2018 untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama, 6 s.d.9 Agustus 2018 untuk jenjang Sekolah Menengah Atas, dan 10 s.d. 16 Agustus 2018 untuk jenjang SMK. Kegiatan In Service Learning akan dilanjutkan dengan kegiatan On the Job Learning dimana para guru sasaran akan mendapatkan mendampingan khusus dari para instruktur kabupaten/kota saat mengajar di kelas dengan menggunakan kurikulum 2013. Kegiatan pendampingan ini akan berakhir di bulan Nopember 2018 untuk selanjutnya setiap induk klaster pengelola program pendampingan menyusun laporan program pendampingan dan menyerahkannya ke LPMP Jawa Barat.

Sebagaimana dijelaskan dalam Petunjuk Pelaksanaan Bantuan Pemerintah Pendampingan Kurikulum 2013 Tahun 2018, kegiatan On the job learning merupakan kunjungan Instruktur pendamping (sesuai guru kelas dan guru mata pelajaran) ke sekolah selama 1-2 hari untuk memberikan bimbingan teknis kepada guru Kelas I, IV, VII, dan X dalam pembelajaran Kurikulum 2013 di sekolah.

Kegiatan On the job learning dilaksanakan selama 2 hari di sekolah sasaran dengan tahapan meliputi :
1. Temu awal
Temu awal dilakukan antara Instruktur Pendamping dengan kepala sekolah dan guru sasaran. Kegiatan ini dilaksanakan untuk membangun empati dengan komunitas sekolah. Pada kesempatan ini Instruktur pendamping memperkenalkan diri sambil menunjukkan surat tugas, dan menjelaskan tujuan, mekanisme, prosedur, dan jadwal pendampingan. Perlu dijelaskan bahwa pendampingan bukan untuk mengevaluasi proses, melainkan untuk memperkuat pelaksanaan pembelajaran.

Kegiatan On the job learning Hari Kedua (9 Agustus 2018) di SDN Kebontiwu

2. Observasi pembelajaran
Instruktur Pendamping bersama guru sasaran melakukan pengamatan/ observasi dokumen dan aktivitas guru sasaran sebelum, selama dan setelah pembelajaran berlangsung. Pada observasi pembelajaran setiap guru pendamping minimal melakukan 1 (satu) kali observasi pembelajaran per hari terhadap guru mata pelajaran/ guru kelas sesuai dengan mata pelajaran yang diampu. Selanjutnya menganalisis hasil panduan pengamatan berdasarkan konsep pembelajaran pada Kurikulum 2013.

Langkah observasi pembelajaran ini sebagai berikut:
a. Pra-observasi yaitu pertemuan awal pendamping dengan guru yang didampingi untuk mencermati hasil analisis, RPP, media pembelajaran, buku, nilai dan perangkat pembelajaran lainnya.
b. Pelaksanaan observasi pembelajaran:
c. Refleksi hasil observasi yaitu diskusi pendamping dengan guru sasaran tentang pelaksanaan pembelajaran.

Kegiatan On the job learning Hari Pertama (8 Agustus 2018) di SDN Kebontiwu Desa Padaulun Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung

3. Temu akhir
Temu akhir dilakukan Instruktur pendamping dengan kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru sasaran. Pada kesempatan ini Instruktur pendamping:
a. menginformasikan hasil pendampingan, kelebihan dan kekurangan/kendala dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013;
b. mengajukan saran/usulan solusi peningkatan kualitas implementasi Kurikulum 2013 dari berbagai aspek;
c. menginformasikan rencana tindak lanjut.